BERITA PERSIB

Persib Beri Tantangan Sekaligus Ultimatum Untuk Liga dan PSSI

JAKARTA, (PRLM).- Persib Bandung memberikan tantangan sekaligus ultimatum bagi PT Liga Indonesia dan PSSI. Siapapun yang bisa memberikan kepastian tercepat akan penyelenggaraan kompetisi profesional musim 2012/2013, maka Maung Bandung akan mengikuti kompetisi tersebut.
Hal tersebut diungkapkan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Muhammad Farhan saat dihubungi "PRLM", Rabu (2/1/13). Menanggapi adanya kabar Persib akan kembali ke kompetisi Indonesian Premier League (LPI) dan pendaftaran ulang ke PSSI sebagai syarat keikutsertaan klub di LSI atau LPI.
Menurut dia, tidak ada klub yang tidak menginginkan turun di kompetisi yang resmi di bawah PSSI yang berafiliasi ke FIFA, namun, jika hanya ikut dalam kompetisi resmi, namun tidak berujung pada prestasi dan tidak menghasilkan dalam segi bisnis, maka hal itu dinilainya percuma.
"Secara status PSSI memang yang paling benar, namun secara kesiapan kompetisi PT Liga yang paling siap," ujarnya.
Menurut dia, posisi Persib saat ini normatif. Pihaknya mengaku belum bisa menjawab apakah akan pasti kembali ke PSSI atau tidak. Pasalnya jika kembali dengan mendaftarkan ulang ke PSSI, pihaknya menginginkan federasi sepak bola Indonesia tersebut untuk bisa menjawab sejumlah hal yang menjadi persyaratan Persib.
"Jika mendaftar ulang, maka kami diakui. Tapi jika diakui, mengapa Persib tidak diundang dalam kongres Palangkaraya lalu, karena meskipun kita dinyatakan tersanksi beberapa waktu lalu, tapi kami tetap masih anggota PSSI. Lalu, jika tidak mendaftar, ancamannya akan disanksi. Namun, jika kita mendaftar ulang apakah status hukuman yang dijatuhkan Komdis pada 2011 diputihkan? Itu yang tidak ada secara tertulis," imbuh Farhan kemudian.
Kalaupun Persib, kata Farhan, memilih untuk mendaftar ulang pun, pihaknya meminta agar PSSI membebaskan mereka untuk memilih akan bermain di Liga mana pun, karena kini keduanya, ujar dia, telah dinyatakan AFC sebagai liga yang legal di bawah payung PSSI.
Jika pun nantinya mendaftar ulang dan memilih kompetisi di bawah PSSI, Persib masih akan menanyakan lagi kejelasannya, mana jadwal pertandingannya? Sistemnya apa? Lalu ditayangkan di TV apa? Kemudian, bagaimana hitungan bisnisnya?
Ketiga hal itu penting, karena menurut dia, merupakan tanggung jawab Persib terhadap sponsor.
"

 

 

PERSIB MAMPU GAET 20 SPONSOR

 
BANDUNG, (PRLM).- Selain resmi meluncurkan desain jersey dan mempublikasikan nama pemain, Persib Bandung juga telah berhasil menggandeng sebanyak 20 sponsor resmi untuk mengarungi Liga Super Indonesia (LSI) 2013. Sejumlah sponsor lama seperti PT Daya Adira Mustika dan Corsa dipastikan masih bekerjasama dengan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).
Manajer Persib Umuh Muchtar menuturkan, selain sponsor tersebut PT PBB juga sedang menjajaki kemungkinan kerjasama dengan AirAsia dan PT Indosat. “Kami masih melakukan pembicaraan dengan mereka, mudah-mudahan saja secepatnya menemukan kesepakatan,” ujar Umuh, di Pendopo Kota Bandung, Jln. Dalem Kaum, Jumat (30/11).
Direktur Marketing PT PBB, Muhammad Farhan mengatakan, PT Daya Adira Mustika masih menjadi sponsor utama “Maung Bandung”. Hal itu karena, kedua belah pihak sudah terikat kerjasama hingga tiga tahun. “Jadi ini merupakan tahun terakhir mereka menjadi sponsor utama,” katanya.
Sementara, Kopi ABC didaulat sebagai sponsor utama kedua Persib selama satu musim ke depan. Farhan mengatakan kerjasama tersebut terjalin karena bisnis Persib memiliki bobotoh sebagai pangsa pasar potensial yang selaras dengan bisnis Kopi ABC.
“Kami memang harus menggaet sponsor sebanyak mungkin. Untuk operasional tim dan secara bisnis itu tidak masalah,” tuturnya.
Dengan memiliki sekitar 5,3 juta fans se-Indonesia, lanjut Farhan, sponsor akan memiliki keuntungan yang besar jika dilihat dari strategi pemasarannya. Persib juga berharap menjadi lebih baik lagi, baik secara tim, menajemen dan pembinaan pemainnya. “Di Jakarta saja ada sekitar 270 ribu bobotoh, itu berarti Persib selalu memiliki peluang bisnis yang besar. Sponsorship yang nempel di jersey Persib akan membantu biaya operasional perusahaan sebanyak 50 persen. Jadi, posisinya memang sangat penting bagi kami,” jelasnya.
Lebih lanjut, Farhan mengatakan biaya opersional tim selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan demikian, setelah menjalin kerjasama dengan sekian banyak perusahaan diharapkan manajemen tidak lagi menanggung kerugian.
“Seharusnya musim kemarin (2011-2012) kami mulai untung, tapi audit keuangan baru dimulai Desember ini dan hasilnya sekitar April 2013. Tahun sebelumnya, kami masih deficit sekitar Rp 6 milyar, yang pertama Rp 18 Milyar. Nah, yang sekarang ini belum pasti,” ujarnya.
Ia menjelaskan, meski angka kerugian cenderung menurun, pihaknya berusaha keras agar mencari pendapatan dari sponsorship. Sementara, dari penjualan tiket dan merchandise, manajemen masih mencari formulasi bisnis yang pas. “Potensi keuntungan dari tiket dan merchandise lumayan besar. Saya juga memperkirakan kebutuhan operasional untuk musim 2013 hampir sama seperti tahun lalu sekitar Rp 20 milyar,” ujar pria yang juga dikenal sebagai presenter itu.
Dijelaskan, tidak kurang dari 60% kebutuhan biaya operasional perusahaan akan didapat dari sponsorship. Bisnis yang dikembangkan PT PBB, lanjutnya, juga mulai berfokus pada pemenuhan kebutuhan bobotoh. “Insya Allah tahun depan meluncurkan program kartu keanggotaan klub dan mendapat keuntungan untuk penawaran produk, diskon, hadiah dan lain-lain.”
Sementara, Brand Manager Kopi ABC, Abraham Nandiwardhana mengatakan, Persib merupakan klub di Indonesia yang paling profesional, pendukungnya paling banyak, dan memiliki manajemen profesional. Selain itu, lanjutnya, manajemen PT PBB juga mempunyai visi dan misi yang jelas.
“Itu menjadi alasan kami mau menjalin kerjasama dengan Persib. Pangsa pasar ABC, di antaranya memang bobotoh,” ujar Abraham
Ke-20 sponsor resmi Persib Bandung: PT Daya Adira Mustika (DAM), Kopi ABC, Surya Eka Perkasa, Equator, Corsa, Bank BTPN, Oke Shop, Buana Kapita, Amidis, League, Al Mahaz, Harum Energi, Permata Resources, Northstar, BFI, Bloom, Nusantara Capital, Buana Capital, Syailendra Capital, Bread Life. (A-200/A-26).*** Sumber berita dan foto PRonline.

No comments:

Post a Comment

Tiket PERSIB

Tiket laga Persib
dapat dipesan di tempat-tempat sebagai berikut:

  • Sekretariat Viking di Jalan Gurame
  • Fanshop di Jalan Banda
  • Fanshop di Jalan Riau
  • Original Supporter di Gedung Palaguna Jalan Alun-alun Timur Lantai Dasar
  • Sekretariat D’Boms di Jalan Ciroyom
  • Sekretariat Bomber di Jalan Kopo
  • Loket di Stadion Siliwangi
  • Pengcab PSSI Kota Bandung di Jalan Gurame
  • Radio Bobotoh FM di Jalan Sulanjana No.17 Bandung
  • Member PERSIB Card di Jalan Sulanjana No. 17 Bandung

Harga tiketnya adalah

VIP Rp 125.000, Samping Utara dan Selatan Rp 75.000, Timur Rp 40.000, Utara dan Selatan Rp 20.000.


BERITA POPULER